apa kata anak commander?



Open Cbox

Our Followers

Finger Peace Sign

Ya Sudahlah

Yang Paling Aku Sayang, IBU! :D

IBU

Kata yg terdiri dari 3 huruf itu keliatan nya simple banget buat diucap.
Engga sesuai sama perjuangan nya.
Perjuangan ibu saat mengandung, belum lagi di waktu yg gak lama seorang ibu yg telah melahirkan kita ke bumi selalu membawa kita kemana mana dalam kandungan.
Kamu bayangin! 9 bulan lebih kita nyusahin ibu kita yg ada di dalam perut! Bikin mual, gak nafsu makan, kesakitan.
Tapi ibu tetap menjaga kandungan nya agar kita tetap sehat dan menjadi individu yg cerdas saat dilahirkannya.
Ibu gak ngarep apa-apa selama dia mengandung kita.
Dia Cuma minta ANAKNYA LAHIR SEHAT DAN SELAMAT!
‘Bodo amat mau aku mati juga yg penting anakku sampe di dunia dengan selamat! Harus!’ itulah pikiran yg ada di benak ibu saat akan melahirkan kita.
Kurang mulia apa jasa ibu kita? *jujur aku nangis nulisnya*




Ini sih aku. gua manggil ibu dengan sebutan ‘bune’. Nyokap (biar sedikit nyantai aja bahasanya). Nyokap bilang, aku lahir hari Rabu 30 Desember 1998 tepatnya di rumah sakit Wijayakusuma , purwokerto.
Kata nyokap saat itu banyak banget keluarga yang ngumpul pas aku mau dilahirin.
*lanjut pas kelahiran*
Malem sekitar jam 5an, nyokap udah masuk ruang IGD, keluarga nunggu di luar sambil kerepotan nelfonin sanak saudara nyokap buat dateng. Yaaa gak nyampe 1jam setengah, dari kepala sampe ujung kaki akhirnya aku berhasil dikeluarkan dan bisa merasakan wangi dunia. Kata nyokap suaraku dulu kaya tikus kejepit waktu nangis baru dilahirin xixixixi.


Jaman nya masih bayi umur bulanan pasti kita disayang-sayang, dimanja, ditimang-timang nina bobok, diberi ASI sampe *maaf* payudara ibu kita luka-luka bahkan ada yg sampe hampir mau putus putingnya (Tanya ke nyokap lo, buktiin!).
biarpun sakit tapi nyokap tetep ikhlas, tetep kuat demi kita biar gak kehausan.
Kita juga suka nyusahin nyokap tiap malem. Nangis teriak-teriak, ngerengek minta susu, laper, pipis, atau lagi sakit.
Tapi nyokap tetep bela-belain bangun jaga ronda kamar kita cuma buat memberikan kenyamanan dan kehangatan sampe pagi!
Umur 7bulanan nyokap ngajarin kita ngomong, celoteh ‘mamah papah’ ‘mamah mau ucu’ ‘papah mau endong’ dengan penuh kesabaran. Di umur 9-10bulan ibu ngajarin kita ngerangkak, duduk, sampe bisa jalan.
Ya Tuhan, betapa besar perjuangan Ibu :’)


Umur-umurnya kita masuk TK, dianterin sampe depan pintu kelas lalu Ibu berkata “yang pintar ya nak. *sambil ngusap rambut kita*jangan nakal, Ibu jemput nanti kalau sudah jam pulang ya. Sana masuk *memeluk kita, cium pipi kanan-kiri lalu kening*” ketahuilah saat itu juga Ibumu ingin meneteskan air mata, dalam hatinya berucap ‘Sudah saatnya ia mengenal dunia sekitarnya tetapi aku tidak bisa melepasnya’ lalu ia segera memasang senyum nya dengan mata berkaca-kaca. Tidak ingin terlihat sedih saat akan melepas kita di hari pertama sekolah. Di jam pulang ibu segera menyambut kita dengan wajah sumringah dan mengulurkan tangan nya kepada kita. “Gimana di kelasnya sayang? Pasti seru ya temen-temen nya baik, Ibu gurunya juga baik *mencium kening si anak*” sesungguhnya dalam hati ia berucap ‘aku berhasil melawan rasa khawatirku. Ia berhasil memasuki dunia baru. Anak ku memang anak yg hebat!’ dalam sekejap ibu berjanji tidak akan berfikiran negative lagi tentang dunia baru kita di lingkungan sekolah dan sekitar.


SD, waktunya ibu mulai berbagi ilmu pengetahuannya dengan kita. Kalo kita ada PR pasti ibu ngajarin kita dengan susah payah, apalagi yg anaknya bolot banget kaya gua.. pasti harus ekstra sabar. Thanks mom :) di SD pasti udah mulai asik-asiknya. Udah mulai bisa mengekspresikan diri kita sendiri. udah ada jalan-jalan/studytour-nya. Nah! Ini! Ibu kita pasti super duper gak ikhlas ngelepas kita buat study tour. Ketakutan sama berita-berita di tivi, belom lagi kalo kitanya punya penyakit bawan, atau kita yg manja gak bisa dilepas ibu. Makanya seringkali anak SD suka masih jarang yg ikut studytour gitu. Tapi, emang dasar kebaikan nya mulia banget ya ibu pasti meng-IYA-kan kemauan kita buat ikut studytour demi melihat kita tersenyum bahagia! Dengan dibekali rasa kepercayan, doa, dan berserah atas segala yg terjadi.


SMP, dari hal pelajaran, temen, geng, kakak kelas, cowok, musuh sampe tetek bengeknya ada disini. Jaman nya kita labil tingkat internasional. Gak jarang kita dapet masalah sama temen atau kakak kelas, ujung-ujungnya nangis diem-diem (kebanyakan orang sih gini yg gua tau) ibu tiba-tiba ngelewatin kamar kita dan gak sengaja ngeliat kita lagi nangis. Ibu pasti langsung nyamperin “kamu kenapa? Coba cerita sama ibu.” Biasanya kalo kita udah cerita, ibu bakal langsung meluk kita. Pelukan ibu itu yg bikin kita jadi tenang banget. “yaudah biarpun dia yg salah, kamu duluan juga gak apa-apa meminta maaf. Gak boleh musuh-musuhan ah anak ibu *ngacak-ngacak rambut trus nyium kening kita*” belom lagi kalo ada masalah sama cinta monyet. Kita nangis di pojokan sudut kamar sambil meringkuk. Sama seperti biasa, ibu bakal nanya ‘kita kenapa’ tapi kitanya masih tetep nangis gak mau jawab. Ketahuilah ibumu tau bahwa kamu sedang patah hati. Itulah sebabnya mengapa kebanyakan orangtua tidak memperbolehkan anaknya pacaran sebelum waktunya. Karena orangtua takut kita terluka hatinya oleh orang lain.


SMA, siapa yg gak tau dunia SMA? Sekalipun orang itu gak pernah sekolah sampe SMA tapi gua yakin dia tau dunia SMA. Ya, dunia disaat kita sedang nakal-nakalnya. Apapun jenis kenakalan pasti ingin kita coba. Mulai coba-coba cabut, coba-coba ngetatin seragam, coba-coba bolos, ya pokoknya semua jenis coba-coba sampe coba-coba melawan orangtua! Gua gak ngebahas semua jenis coba-cobanya, gua cuma mau bahas jenis coba-coba yg terakhir gua sebutin. Memang ini pengalaman gua. gua termasuk anak cewek yg bisa dibilang gak bisa diem di rumah. Mamah gua pernah nasehatin “kamu ngapain main terus dek? Itu gak ada gunanya buat kamu.” Gua jawab “Banyak omong!” langsung cabut ngegebrak pintu rumah. Kalo gua pulang malem “ini jam berapa? Kamu gak liat jam?! Anak perempuan pulang jam segini!” Gua jawab “Bodo amat, ah!” pasang headset disaat nyokap nasehatin gua. saking ngeyelnya sampe bom waktu meledak.
Waktu itu gua lagi main sama temen-temen sampe malem, apesnya hape mati jadi gak bisa ngabarin nyokap. Sampe depan rumah bokap “DARI MANA KAMU? INI JAM BERAPA? KAMU ITU ANAK PEREMPUAN” saking gua dulu tuh berani bgt gua jawab “abis main, mau ngabarin hape mati. Nih liat! *nadanya nyolot*” bokap udah kesel banget sama gua, dan malaikat gua dateng. “udah, udah. Kamu masuk kamar ganti baju sana. *sambil nenangin bokap*” gua liat mata nyokap udah berkaca-kaca. Keesokan harinya nyokap nyamperin gua di kamar. “mamah kan udah pernah nasehatin tapi kamunya masih gak nurut. Liat tuh papah tadi malem. Dulu waktu kamu kecil, mamah ajarin kamu ngomong bukan buat membantah tapi untuk mengucapkan sesuatu yg baik *mata udah berkaca-kaca. Suara udah rada serek mau nangis* Blablabla (nyokap ngomong panjang lebar)”. Dari yg gua simpulin nyokap itu Cuma takut gua kenapa-kenapa tanpa kabar yg jelas. Aaaa *meleleh* *nangis haru* *big hug*
Paling nusuk di hati banget waktu nyokap bilang “Dulu waktu kamu kecil, mamah ajarin kamu ngomong bukan buat membantah tapi untuk mengucapkan sesuatu yg baik”. Nyesel banget sampe nyokap ngomong gitu. Sekarang gua mulai bisa menahan emosi dan membuat nyokap gua seengganya merasa dihormati. Takut nyesel nantinya.


Disaat kita akan membina sebuah keluarga, dalam hati ibu berkata ‘anak ku kini sudah dewasa. Sudah seharusnya aku mengikhlaskannya untuk dipinang oleh pasangan pujaannya. Walau hati ini sangat berat melepaskan dia yg selalu kulihat senyum nya di pagi hari’


Ibu selalu berusaha meninggikan drajat kita. Ibu selalu mendoakan kita. Ibu selalu membela kita di hadapan ayah walaupun kita salah, tapi sesudahnya kita akan dinasehatinya dengan baik beda dengan ayah yg keras (percaya atau tidak ini memang pernah kamu alami kan?). Ibu selalu memberikan solusi terbaik, tidak ada ibu yg menjerumuskan anaknya sendiri. Ibu yg merawat kita jika sakit. Mulai dari jiwa, raga, dan waktu pun akan ia relakan demi kita. Ibu yg selalu memberikan nasihat, memberikan pengalam hidupnya ke kita agar kelak kita tidak mengalami nasib yg buruk. Satu yg ibu inginkan yaitu ‘PATUHILAH APA KATA KU! KARENA ITU TIDAK LAIN UNTUK KEBAIKAN MU!’ Satu yg ibu harapkan hanya satu yaitu ‘KELAK KAU AKAN MENJADI ANAK YG SUKSES DAN SELALU MENGINGAT JASA ORANGTUA MU’ pernah ibu meminta kita membelikan rumah? Pernah ibu meminta kita memberikan jantung kita kepadanya? Pernah ibu meminta kita memberikan pikiran kita kepadanya?


Setelah kamu membantahnya, cobalah tunggu sebentar dan intip keadaannya. Sesungguhnya ia sedang membalikan punggung dan meneteskan air matanya.


Patuhilah apa katanya, hormati dia, doakanlah dia. Jangan pernah membuatnya kecewa sedikit pun. Segeralah meminta maafnya jika terlanjur membuatnya kecewa. Penyesalan emang gak dateng diawal, tapi nanti itu semua akan lo rasain jika ibu lo udah terlanjur gak ada. Sayangilah ibumu sebagaimana dia menyayangimu guys! Sebelum terlambat..


Dewirinanti H.P
Category: 0 komentar

0 komentar:

Post a Comment

ayo inget waktu!!

udah berapa yaa?

About Us

My photo
Purbalingga, Jawa tengah, Indonesia
We are Commander , we are SLAP and SLEP. strategic class, near hallroom, near WC :D

Blog Archive